Kader TP PKK Jaktim Studi Banding ke Kebon Bibit Agro Wisata Cilangkap

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kader TP PKK Kota Jakarta Timur melakukan studi banding cara bercocok tanam di Agro Wisata Cilangkap, Cipayung. Kegiatan dipimpin langsung Ketua TP PKK Jakarta Timur, Diah Anwar.

Diah Anwar mengatakan, studi banding ini untuk melihat lebih dekat program pembibitan tanaman di lokasi yang memiliki luas 18,5 hektar tersebut. Baik yang dilakukan secara hidroponik di greenhouse maupun yang ditanam langsung di tanah.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat karena banyak pengetahuan tentang teknik bercocok tanam yang didapat kadernya. Apalagi, saat ini Jakarta Timur juga sedang menggalakkan program Kampung Buah.  

"Ini untuk menambah pengetahuan kader TP PKK dalam teknik bercocok tanam. Selain ke Agro Wisata, nantinya tempat-tempat kebon bibit yang ada di Jakarta Timur juga akan kita kunjungi agar para kader PKK bertambah luas pengetahuan dan wawasannya," ucap Diah.

Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Ali Nurdin menuturkan, keberadaan Agro Wisata Cilangkap ini memang sangat cocok untuk wisata edukasi. Sebelum pandemi, banyak mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang melakukan studi banding.

"Sejak pandemi, lokasi ini masih tutup untuk umum. Kendati demikian program pembibitan masih berjalan terus seperti biasa," tuturnya.

Dijelaskan Ali, saat ini pihaknya sedang pembibitan dan pengembangan Cabai Pelangi yang ditemukan Profesor Syukur dari IPB Bogor, Jawa Barat. Selain itu juga ada buah Melon High Couple temuan Profesor Budi dari Fakultas Biologi UGM Jogyakarta. Melon ini ukurannya hanya sekepal tangan orang dewasa namun memiliki aroma dan rasa yang sangat luar bisa.

"Sekarang buah Melon ini sedang proses pembuahan dan dalam waktu sekitar tiga pekan sudah bisa dipanen. Kualitasnya tidak kalah dengan Melon lainnya di pasaran," ungkap Ali.